Sabtu, 02 April 2016

ENSIKLOPEDIA BELADIRI KOREA

ENSIKLOPEDIA BELADIRI KOREA



Hapkido (juga dieja hap ki jangan atau hapki-do; Hangul : 합기도; Hanja :合气道) adalah dinamis dan juga eklektik seni bela diri Korea . Ini adalah bentuk pertahanan diri yang menggunakan kunci bersama , teknik seni bela diri lain, serta tendangan, pukulan, dan serangan mencolok lainnya. Ada juga penggunaan senjata tradisional, termasuk pedang , tali , nunchaku , tongkat , tongkat pendek, dan staf ( pistol , bo ) yang bervariasi dalam penekanan tergantung pada tradisi tertentu diperiksa.
Hapkido berisi teknik berbagai pertempuran baik panjang dan dekat, memanfaatkan tendangan melompat dan pemogokan tangan perkusi pada rentang lebih panjang dan tekanan titik serangan, kunci bersama, atau melempar pada jarak dekat pertempuran. Hapkido menekankan gerakan memutar, non-menolak gerakan, dan pengendalian lawan. Praktisi berusaha untuk mendapatkan keuntungan melalui gerak kaki dan posisi tubuh untuk menggunakan leverage, menghindari penggunaan kekuatan melawan kekuatan.
Seni disalin dari Daito-ryu Aiki-Jujitsu (大东流合気柔术) atau terkait erat jujutsu sistem diajarkan olehChoi Yong-Sool ( Hangul : 최용술) yang kembali ke Korea setelah Perang Dunia II , setelah tinggal diJepang selama 30 tahun . Sistem ini kemudian dikombinasikan dengan menendang dan memukul teknik seni adat dan kontemporer seperti taekkyeon dan tang soo lakukan . Sejarahnya dikaburkan oleh permusuhan historis antara Korea dan Jepang orang setelah Perang Dunia II . [1] [2] [3] [4]


Nama

Hapkido diterjemahkan "합기도" dalam sistem penulisan bahasa Korea yang dikenal sebagai hangul , script yang paling banyak digunakan di Korea modern. Nama seni namun juga dapat ditulis "   "memanfaatkan yang sama tradisional Cina karakter yang akan digunakan untuk merujuk pada seni bela diri Jepang dari aikido pada periode 1945 pra. Preferensi saat ini di Jepang adalah untuk penggunaan modern yang karakter kedua disederhanakan; menggantikan  untuk karakter, sebelumnya lebih kompleks  .
Karakter  terjadi berarti "terkoordinasi" atau "bergabung";  ki menggambarkan energi internal, semangat, kekuatan, atau kekuasaan, dan  lakukan berarti "jalan" atau "seni", menghasilkan terjemahan harfiah dari "bergabung dengan arah energi" . Hal ini paling sering diterjemahkan sebagai "jalan koordinasi energi", "cara kekuasaan terkoordinasi" atau "jalan harmoni".
Meskipun aikido dan Hapkido diyakini oleh banyak orang untuk berbagi sejarah yang sama, mereka tetap terpisah dan berbeda dari satu sama lain. Mereka berbeda secara signifikan dalam filsafat, berbagai tanggapan dan cara melaksanakan teknik. Fakta bahwa mereka berbagi karakter yang sama Cina asli, meskipun  yang diucapkan "ai" dalam bahasa Jepang dan "hap" dalam bahasa Korea, telah terbukti bermasalah dalam mempromosikan seni internasional sebagai disiplin dengan set sendiri karakteristik unik yang berbeda dari yang dari seni Jepang [. rujukan? ]

Sejarah dan tokoh utama dari Korea

Kelahiran Hapkido modern dapat ditelusuri dengan upaya sekelompok warga negara Korea di masa penjajahan Jepang pasca Korea, Choi Yong-Sool (1899-1986) dan murid-muridnya yang paling menonjol; Seo Bok-Seob, mahasiswa pertama seni; Ji Han-Jae (lahir 1936), salah satu promotor awal seni; Kim Moo-Hong , inovator utama; Myung Jae-Nam , konektor antara seni Hapkido dan aikido, Myung-Kwang Sik yang sejarawan dan duta besar, yang semuanya adalah mahasiswa langsung Choi atau mahasiswa dekat. [5] [6]

Choi Yong-Sool

Choi Yong-Sool ( Hangul : 최용술) 's pelatihan seni bela diri adalah subjek perdebatan. Telah diketahui bahwa Choi dikirim ke Jepang sebagai seorang anak muda dan kembali ke Korea dengan teknik karakteristik Daito-ryu Aiki-Jujitsu (大东流合気柔术), pelopor dari aikido . Bagian berikutnya dari cerita ini cukup kontroversial di Daito-ryu lingkaran tetapi diklaim oleh banyak kontemporer-man Hapkido dan dihubungkan dengan Choi dalam sebuah wawancara (dirilis secara anumerta) yang terjadi selama perjalanan Choi dilakukan terhadap Amerika Serikat pada tahun 1980 menjadi mengunjungi kedua langsungnya garis keturunan penerus Chinil Chang di New York City. [7]
Dalam wawancara dengan kedua garis keturunan langsung Doju Chinil Chang, Choi mengklaim telah diadopsi oleh Takeda Sokaku ketika ia berusia 11 tahun dan diberi Jepang nama, Yoshida Asao. Dia mengaku telah dibawa ke rumah Takeda dan dojo di Akita di gunung Shu Shin dimana dia tinggal dan dilatih dengan master selama 30 tahun. Wawancara juga menegaskan bahwa ia melakukan perjalanan dengan dia sebagai asisten dosen, bahwa ia bekerja untuk menangkap desertir perang dan bahwa ia adalah satu-satunya siswa untuk memiliki pemahaman yang lengkap dari sistem yang diajarkan oleh Takeda. [7]
Hal ini bertentangan dengan klaim lain menyatakan bahwa Choi hanyalah seorang pekerja di rumah Takeda. Bahkan, biaya pendaftaran dan teliti catatan Tokimune Takeda, putra Takeda Sokaku tertua dan penggantinya Daito-ryu ini, tampaknya tidak menyertakan nama Choi di antara mereka. Oleh karena itu, kecuali untuk klaim yang dibuat oleh Choi sendiri, ada sedikit bukti bahwa Choi adalah anak angkat dari Takeda Sokaku, atau bahwa ia pernah secara resmi mempelajari Daito-ryu bawah pendiri seni. [8]

Foto Retouched dari Takeda Sokaku Circa 1888
Stanley Pranin, maka tentu Berita Aiki dan sekarang editor Aikidojournal.com, bertanya Kisshomaru Ueshiba tentang Choi Yong-Sool dan Hapkido:
"Pada topik lain, memang benar bahwa Korea bernama "Choi" yang mendirikan Hapkido mempelajari aikido atau Daito-ryu? Saya tidak tahu apa itu seni tapi aku mengerti bahwa ada Korea muda dari sekitar 17 atau 18 yang berpartisipasi dalam seminar Sokaku Takeda Sensei diselenggarakan di Kota Asahikawa di Hokkaido . Tampaknya dia belajar bersama-sama dengan ayah sayadan akan merujuk kepadanya sebagai "senior"-nya.
Jika itu yang terjadi seni pasti Daito-ryu.
Saya pernah mendengar bahwa orang yang mempelajari Daito-ryu memiliki beberapa kontak dengan ayah saya setelah itu. Lalu ia kembali ke Korea dan mulai mengajar Daito-ryu pada skala sederhana. Seni secara bertahap menjadi populer dan banyak orang Korea yang dilatih dengan dia. Sejak aikido menjadi populer di Jepang ia disebut seni Hapkido [ditulis dalam bahasa Korea dengan karakter yang sama seperti aikido]. Kemudian seni dibagi menjadi banyak sekolah sebelum orang menyadari hal itu. Ini adalah apa yang ayah saya kepada saya. Saya pernah menerima surat dari guru ini setelah kematian ayah saya. [9]
"
Beberapa berpendapat bahwa kelalaian potensi Choi Yong-Sool dari catatan, dan perdebatan berikutnya lebih asal Hapkido itu, mungkin karena ketegangan antara Korea dan Jepang , sebagian sebagai akibat dari pendudukan Jepang di Korea . Pada puncak perselisihan, hal ini diklaim oleh praktisi Hapkido Korea yang dikeluarkan dari daftar, namun hal ini dibantah oleh catatan Takeda yang berisi nama Korea lainnya. Sementara beberapa komentator mengklaim Hapkido memiliki garis keturunan Jepang, yang lain menyatakan bahwa asal-usulnya berbaring dengan adat seni bela diri Korea.
Siswa pertama Choi Yong-Sool, dan orang yang beberapa klaim membantunya mengembangkan seni Hapkido adalah Seo Bok-Seob, seorang Korea judo sabuk hitam ketika mereka bertemu. Beberapa siswa lain Choi senior dihormati adalah: Chinil Chang, Ji Han-Jae, Kim Moo-Hong, dan bisa dibilangSeo In-Hyuk ( Hangul : 서인혁) dan Lee Joo-Bang ( Hangul : 이주방) yang kemudian membentuk seni Kuk Sool Won dan modern Hwarang Apakah masing-masing (meskipun beberapa pihak berpendapat bahwa pelatihan mereka berasal dari waktu yang dihabiskan pelatihan di bawah Kim Moo-Hong).

Seo Bok-Seob

Siswa pertama Choi dan orang pertama yang diketahui telah membuka dojang di bawah Choi adalah Seo Bok-Seob (juga dieja Suh Bok-Sup; Hangul : 서복섭). [5]
Pada tahun 1948, ketika Seo Bok-sub masih di awal 20-an, ia sudah mendapatkan sabuk hitam dalam judo dan adalah lulusan dari Universitas Korea. Setelah menonton Choi Yong-Sool berhasil membela diri terhadap sekelompok orang ketika argumen meletus di halaman Perusahaan Brewery Seo, Seo yang adalah anak dari pemimpin perusahaan, Choi diundang untuk mulai mengajar seni bela diri kepadanya dan beberapa pekerja di penyulingan di mana dia telah mempersiapkan sebuah dojang. [10]
Pada tahun 1951, Seo membuka dojang tepat pertama disebut "Daehan Hapki Yu Kwon Sool Dojang ( Hangul : 대한 합기 유권술 도장) ". Simbol pertama, dirancang oleh Seo, yang digunakan untuk menunjukkan seni adalah desain mata panah terbalik tampil di kedua inkarnasi modern dari Asosiasi Kido dan oleh Myung-Kwang Sik Dunia Hapkido Federasi. Choi Yong-Sool juga digunakan selama waktu ini sebagai pengawal untuk ayah Seo yang anggota kongres. Seo mengklaim bahwa ia dan Choi sepakat untuk memperpendek nama seni dari 'hapki yu kwon Sool' menjadi 'Hapkido' pada tahun 1959. [11]

Chinil Chang

Seorang mahasiswa swasta langsung Doju Choi, Chang Chinil mewarisi gelar Doju dalam sistem Choi pribadi dan lengkap Hapkido pada 15 Januari 1985 menjadi Grandmaster kedua garis keturunan langsung. Upacara peresmian besar diikuti pada April 1985 ditutupi oleh Korea Olahraga Berita dan MBC televisi Korea untuk mendokumentasikan acara yang dihadiri oleh Doju Choi, Chang Doju dan anak Doju Choi yang terlambat Choi Bok-Yeol. Doju Chang adalah penguasa Hapkido hanya pernah dianugerahi Dan 10 dan judul Doju dari Doju Choi. Doju Choi meninggalkan dokumen penuh dan rekaman sistem untuk Doju Chang yang terus meneliti dan mendokumentasikan sejarah penuh dan pengembangan Hapkido. Doju Chang terus mengajar di New York City setelah puluhan tahun menjaga sekolah komersial serta pengajaran Hapkido bertugas di PBB. Ia saat ini mengajar sekelompok kecil siswa yang didedikasikan untuk pelestarian Hapkido di NYC. Banyak pencela telah menyebar dugaan tentang dia dan misinya. Satu garis keturunan telah menciptakan kontroversi lebih jauh dengan menyatakan Doju Choi melewati sistem untuk putra satu-satunya Choi Bok-Yeol yang tidak benar dan menyesatkan mengerikan serta menghina warisan dan keinginan Doju Choi. Majalah Hitam Sabuk menghormati Doju Chinil Chang sebagai penerus garis keturunan kedua langsung memintanya untuk menulis sebuah obituari singkat Doju Choi yang muncul di majalah Black Belt dalam edisi April 1987 Vol 25 Nomor 4.

Ji Han-Jae

Ji Han-Jae ( Hangul : 지한재) tidak diragukan lagi penggerak utama dalam seni Korea Hapkido. Hal ini karena kemampuan fisiknya, kontribusi teknis, upaya promosi dan koneksi politik sebagai instruktur kepala Hapkido untuk penjaga tubuh presiden di bawah Presiden Korea Park Jeong-Hee (Hangul : 박정희) yang Hapkido menjadi populer, pertama di Korea dan kemudian secara internasional.
Sedangkan pendidikan seni bela diri Choi Yong-Sool adalah belum dikonfirmasi, sejarah seni bela diri dari pelatihan inti Ji Han-Jae agak lebih mudah untuk dilacak. Ji adalah seorang mahasiswa awal (Daniel # 14) dari Choi. Dia rincian agar sebelum membuka sekolah seni bela diri di Seoul , Sung Moo Kwan ( Hangul : 성무관), ia juga belajar dari orang yang dikenal sebagai Tao Lee dan seorang wanita tua dia tahu sebagai 'Nenek'. [5] [12 ]
Sebagai guru Hapkido, Ji dimasukkan teknik tradisional menendang Korea (dari Tao Lee dan Sam seni Rang Apakah Tek Gi) dan meninju teknik ke dalam sistem dan memberikan sintesis yang dihasilkan para Hapkido nama pada tahun 1957. Hapkido adalah pengucapan Korea (Jepang) aikido dan kadang-kadang keliru disebut sebagai sepupu Koreanya.
Meskipun anggota pendiri dari Dae Han Ki Apakah Hwe (Korea Kido Association) pada tahun 1963 dengan Choi Yong-Sool sebagai Ketua tituler dan Kim Jeong-Yoon sebagai Sekretaris Umum dan Instruktur Kepala untuk Ji asosiasi menemukan dirinya tidak mampu melakukan kontrol sebanyak terhadap organisasi seperti yang mungkin ingin. Untuk tujuan ini dan dengan dukungan dari Kepala Pasukan Keamanan, Park Jong-Kyu, Ji mendirikan sangat sukses Korea Hapkido Asosiasi (Dae Han Hapkido Hyub Hwe; Hangul : 대한 합기도 협회) pada tahun 1965. [10]
Kemudian, ketika organisasi ini dikombinasikan dengan organisasi yang didirikan oleh Myung Jae-Nam (Korea Hapki Asosiasi / Hangook Hapki Hwe; Hangul : 한국 합기회) dan Kim Moo-Hong (Korea Hapkido Asosiasi / Hangook Hapkido Hyub Hwe; Hangul : 한국 합기도 협회) pada tahun 1973 mereka menjadi organisasi yang sangat luas dan berpengaruh dikenal sebagai Republik Korea Hapkido Association (Dae Han Min Gook Hapkido Hyub Hwe; Hangul : 대한민국 합기도 협회).
Pada tahun 1984, Ji pindah pertama untuk Jerman dan kemudian ke Amerika Serikat dan mendirikanSin Moo Hapkido ( Hangul : 신무 합기도), yang menggabungkan ajaran filosofis, serangkaian teknik tertentu (termasuk tendangan) dan teknik penyembuhan ke dalam seni. Dua mahasiswa terkemuka Ji Han-Jae di Korea adalah Tae Kwon-Man ( Hangul : 권태만), Myung Jae-Nam ( Hangul : 명재남). Ji dapat dilihat dalam film Lady Kung-fu dan Game of Death di mana ia mengambil bagian dalam sebuah adegan pertarungan panjang melawan Bruce Lee .
Sebelum kematian Choi Yong-Sool pada tahun 1986, Ji maju ke depan dengan pernyataan bahwa dialah yang mendirikan seni Korea Hapkido, menyatakan bahwa Choi Yong-Sool hanya diajarkan keterampilan yawara based dan bahwa dialah yang menambahkan banyak , menendang teknik senjata dan sekarang kita kaitkan dengan Hapkido modern. [13] Ia juga menegaskan bahwa dialah yang pertama kali menggunakan istilah 'Hapkido' untuk merujuk kepada seni. Sementara kedua klaim yang diperebutkan oleh beberapa guru senior lainnya dari seni, [14] apa yang tidak diperebutkan adalah kontribusi disangkal besar yang dibuat oleh Ji untuk seni, sistematisasi dan dunia promosi yang luas.

Kim Moo-Hong

(Bergantian diberikan sebagai Kim Moo-Woong atau Kim Mu-Hyun)
Seorang mahasiswa dari Choi dan Seo Daehan Hapki Yu Kwon Sool Dojang, Kim Moo-Hong ( Hangul김무홍), [5] yang kemudian diajarkan di Seo Joong Ang dojang ( Hangul : 중앙 도장) di Daegu . Seo, yang dipromosikan Kim tingkat 4, credits Kim dengan perkembangan tendangan banyak yang masih digunakan dalam Hapkido hari ini. Kim apparentally mengambil konsep-konsep dari tendangan yang sangat dasar yang telah dipelajarinya dari Choi dan pergi ke kuil untuk bekerja mengembangkan mereka ke tingkat yang jauh lebih besar. Kemudian, pada tahun 1961, Kim melakukan perjalanan ke Seoul dan saat menginap di Ji Han-Jae Sung Moo Kwan dojang mereka menyelesaikan kurikulum menendang. [10]
Kim melanjutkan untuk menemukan Shin Moo Kwan dojang ( Hangul : 신무관 도장) di Jongmyobagian Seoul ., juga pada tahun 1961 Won Kwang-Hwa ( Hangul : 원광화) juga menjabat sebagai instruktur di dojang ini. Siswa terkenal Kim adalah Lee Han-Cheol ( Hangul : 이한철), Kim Woo-Tak (Hangul : 김우탁; yang mendirikan Kuk Sool Kwan Hapkido dojang), Huh Il-Woong ( Hangul : 허일웅),Lee Joo-Bang ( Hangul : 이주방; yang mendirikan modern yang Hwarang Do ), Na Han-Dong ( Hangul나한동), Shin Dong-Ki ( Hangul : 신동기) dan Seo In-Hyuk ( Hangul :. 서인혁; yang mendirikan Kuk Sool Won) [10 ]
Awalnya anggota dari Korea Kido Association, organisasi yang dikirim Kim untuk mengajar Hapkido di Amerika Serikat pada tahun 1969. Setelah kembali ke Korea pada tahun 1970, Kim tampak bergerak Ji Han-Jae untuk mendirikan organisasi sendiri dan dengan dorongan dari murid-muridnya mengikuti dan mendirikan Asosiasi Hapkido Korea (Hangook Hapkido Association) pada tahun 1971.Kemudian ia dikombinasikan organisasi ini dengan kelompok yang dipimpin oleh Ji Han-Jae dan Myung Jae-Nam untuk membentuk Republik Korea Hapkido Asosiasi. [10]

Myung Jae-Nam

Pada tahun 1972, Myung Jae-Nam ( Hangul : 명재남) adalah salah satu anggota asli dari Korea Hapkido Association (Dae Han Hapkido Hyub Hwe; Hangul : 대한 합기도 협회), yang dibentuk pada tahun 1965 atas permintaan dari Presiden Korea Selatan Park Jeong-Hee. Korea Hapkido Asosiasi dibentuk dengan bantuan Mr Park Jong Kyu, yang adalah kepala dari Pasukan Pelindung Presiden dan salah satu pria paling berkuasa di Korea pada saat itu. [10]
Kemudian Myung Jae-Nam memisahkan diri dari semua organisasi lain dan mulai fokus pada mempromosikan gaya baru, hankido . Sampai kematiannya pada tahun 1999 ia adalah pemimpin dari International Hapkido Federasi.

Lim, Soo Hyun

Lim, Hyun Soo adalah murid lama dari Dojunim, Choi Yong Sul. Lim menciptakan Jung Ki Kwan pada 24 Oktober 1974. Pada tahun 1965 ia mengunjungi Pendiri Choi, Yong Sul dan memiliki pertemuan pertamanya dengan Hapkido. Pada awalnya ia diajarkan oleh Guru Kim, Jae Yeung, murid Pendiri Choi. Dia kemudian diajarkan oleh Pendiri Choi, Yong Sul dan menjadi muridnya sampai 1981.Selama waktu dengan pendiri, dia mengalami pelatihan yang ketat dan intens. Mengetahui nilai sebenarnya Hapkido dan makna selama periode pelatihan khusus dengan pendiri, ia membuka Ki Jung Kwan. Pada tahun 1976 Pendiri Choi tertutup tempatnya, bergabung dengan Ki Jung Kwan, dan mengabdikan energinya untuk itu selama sisa hidupnya. Grand Master Lim terus mengajar Choi, gaya Yong Sul dari Hapkido asli untuk hari ini. Dojang Nya adalah di Kota Daegu, Korea Selatan.Grand Master Lim juga merupakan pendekar pedang terbaik di Korea dan menciptakan sebuah sistem yang dikenal sebagai pedang Chung Suk Kuhapdo. Grand Master Lim Jung Ki Kwan adalah sebuah organisasi internasional yang berkomitmen untuk mengajar Hapkido seperti yang diajarkan untuk Grand Master Lim dari Dojunim Choi, Yong Sul.

Prinsip

Pada " keras-lunak skala "seni bela diri, Hapkido berdiri di suatu tempat di tengah, menggunakan" lunak "teknik yang mirip dengan jujutsu dan aikido serta "keras" teknik mengingatkan taekwondo dantang soo lakukan . Bahkan "keras" teknik, meskipun, menekankan melingkar daripada gerakan linier.Hapkido merupakan eklektik , seni bela diri hibrida , dan berbeda Hapkido sekolah menekankan teknik yang berbeda. Namun, beberapa teknik inti ditemukan di setiap sekolah ( kwan ), dan semua teknik harus mengikuti tiga prinsip Hapkido:
  • Nonresistance ("Hwa", 화 atau 和) → (화 Hwa 和 Harmony)
  • Prinsip lingkaran ("Won", 원 atau 圆) → (원 Weon 圆 Lingkaran)
  • Air / prinsip Fleksibel ("Yu", 유 atau 柳) → (유 Yu 流 Flow)
Hwa, atau non-perlawanan, hanyalah tindakan untuk tetap relaks dan tidak langsung menentang kekuatan lawan. Misalnya, jika lawan adalah untuk mendorong dada seorang mahasiswa Hapkido, daripada melawan dan mendorong kembali, mahasiswa Hapkido akan menghindari konfrontasi langsung dengan bergerak ke arah yang sama seperti push dan memanfaatkan momentum ke depan lawan untuk melempar dia.
Won, prinsip melingkar, adalah cara untuk mendapatkan momentum untuk melaksanakan teknik dengan cara alami dan mengalir bebas. Jika serangan lawan dalam gerak linier, seperti dalam sebuah pukulan atau pisau dorong, mahasiswa Hapkido akan mengarahkan kekuatan lawan dengan memimpin serangan itu dalam pola melingkar, sehingga menambah daya penyerang untuk sendiri.Sekali ia telah diarahkan kekuasaan, mahasiswa Hapkido dapat menjalankan salah satu dari berbagai teknik untuk melumpuhkan penyerangnya. Praktisi Hapkido belajar untuk melihat penyerang sebagai "entitas energi" bukan sebagai entitas fisik. Semakin besar orang itu, semakin banyak energi yang dimiliki seseorang, semakin baik untuk siswa Hapkido.
Yu, prinsip air, dapat dianggap sebagai kekuatan yang lembut beradaptasi air. Hapkido adalah "lunak" dalam hal itu tidak mengandalkan kekuatan fisik saja, seperti air yang lembut untuk disentuh.Ini adalah beradaptasi dalam master Hapkido akan mencoba untuk menangkis serangan lawan, dengan cara yang mirip dengan bebas mengalir air yang dibagi sekitar batu hanya untuk kembali dan menyelimuti itu.

Teknik

Hapkido berusaha untuk menjadi gaya bertarung yang komprehensif dan dengan demikian mencoba untuk menghindari spesialisasi yang sempit di setiap jenis tertentu dari teknik atau berbagai pertempuran. Ia memelihara berbagai taktik untuk mencolok , berdiri kunci bersama , melempar teknik (baik murni dan sendi memanipulasi melempar) dan teknik menyematkan. Beberapa gaya juga menggabungkan taktik untuk melawan tanah meskipun taktik ini umumnya cenderung terfokus pada melarikan diri dan mendapatkan kembali pijakan atau mengendalikan, mencolok, dan finishing lawan jatuh, daripada panjang gulat atau penyerahan bergulat keterlibatan.
Istilah Korea untuk teknik adalah Sool (술). Sebagai terminologi bervariasi antara sekolah, beberapa lihat manuver defensif sebagai soolgi (술기; longgar diterjemahkan sebagai "teknik-ing"), sedangkanhoshinsool (호신술; berarti "pertahanan diri") lebih disukai oleh orang lain.
Tepat Hapkido termasuk menggunakan taktik gerak kaki dan serangkaian tendangan dan serangan tangan untuk menjembatani jarak dengan lawan. Kemudian untuk segera mengontrol keseimbangan lawan (biasanya dengan memanipulasi kepala dan leher), untuk mengambil atau mengisolasi pergelangan tangan atau lengan dan menerapkan memutar bersama melempar, tergantung pada situasi; Hapkido merupakan sistem yang komprehensif dan sekali keseimbangan lawan telah diambil, ada segudang teknik untuk menonaktifkan dan menundukkan lawan.
Hapkido membuat penggunaan titik-titik tekanan yang dikenal di Korea sebagai hyeol (혈;穴) yang juga digunakan dalam praktek medis tradisional Asia seperti titik akupunktur . Ini titik-titik tekananyang melanda baik untuk menghasilkan ketidaksadaran atau dimanipulasi untuk menciptakan rasa sakit yang memungkinkan seseorang untuk lebih mudah merusak keseimbangan lawan seseorang sebelum manipulasi lemparan atau sendi.
Hapkido menekankan pertahanan diri selama pertempuran olahraga dan dengan demikian mempekerjakan penggunaan senjata, termasuk senjata lingkungan peluang, di samping teknik tangan kosong. Beberapa sekolah juga mengajarkan hyeong (형;形), setara Korea dari apa yang dikenal sebagai " Kata "dalam seni bela diri Jepang.

Tendangan


Sebuah tendangan dua arah.
Berbagai macam tendangan dalam Hapkido membuatnya jelas Korea. Tendangan taekwondo tampaknya mirip dengan banyak tendangan yang ditemukan dalam Hapkido, gerak melingkar meskipun lagi ditekankan. Juga, berbeda dengan gaya taekwondo paling modern, Hapkido memanfaatkan berbagai rendah (di bawah pinggang), mengaitkan atau menyapu tendangan, dengan salah satu tendangan (sweeping) tumit paling khas menjadi berputar rendah.
Metode Hapkido tentang pengiriman cenderung berat terhadap komitmen lebih besar terhadap pemogokan dan kurang perhatian untuk pencabutan cepat dari kaki menendang. Secara tradisional, Choi Yong-Sool yang yu kwon Sool (유권술;柔拳术) teknik menendang hanya ke bagian bawah tubuh, tetapi sebagian besar varietas yang diturunkan dari Hapkido, mungkin sebagai pengaruh langsung dari Korea seni lainnya, juga termasuk tendangan tinggi dan tendangan melompat. Pada tingkat yang lebih maju dari Hapkido praktisi belajar "tendangan pisau" yang memanfaatkan serangan pisau menyapu kaki dalam dan luar terhadap titik-titik tekanan tubuh.
Dua dari inovator awal dalam hal ini adalah Ji Han-Jae dan Kim Moo-Hong , keduanya terkena apa yang dianggap pribumi seni menendang Korea. Mereka menggabungkan bentuk-bentuk ini bersama dengan konsep Sool yu untuk memukul diajarkan kepada mereka oleh Choi dan selama jangka waktu 8 bulan pelatihan bersama-sama pada tahun 1961 menyelesaikan kurikulum menendang yang akan digunakan oleh Korea Hapkido Association (Daehan Hapkido Hyub Hwe) selama bertahun-tahun yang akan datang. [10]
Pengaruh lainnya juga telah diberikan pada teknik menendang guru Hapkido penting. Kwon Tae-Man (Hangul : 권태만) pada awalnya belajar di bawah Ji Han-Jae sebelum berimigrasi ke California selatan di Amerika Serikat. Han Bong-soo ( Hangul : 한봉수) belajar di bawah Gwonbeop (권법;拳法) danShudokan karate dari Yoon Byung-In ( Hangul : 윤병인), yang siswa berpengaruh di kemudian pembentukan kong soo lakukan dan gaya taekwondo, khususnya Chang Moo Kwan dan Jidokwan .Dia, seperti Kim Moo-Hong, juga dilatih secara singkat dalam seni Korea taekkyeon bawah Lee Bok-Yong ( Hangul : 이복용). [15]
Guru lain seperti Myung Kwang-Sik ( Hangul : 명광식), Jeong Tae-Kee ( Hangul : 정기태), Lim Hyun-Soo ( Hangul : 임현수), dan banyak lainnya dilatih di tang soo do dan kong soo lakukan, Shotokandan Shudokan sistem berbasis karate yang mendahului dan mempengaruhi pembentukan pertamatae soo lakukan dan gaya taekwondo kemudian modern.
Kim Sang-Cook menyatakan bahwa sementara banyak dari kwon asli yu siswa Sool terkena banyak seni kontemporer yang berbeda Korea Chung Do Kwan adalah terutama penting dalam transisi dari bentuk jujutsu asli berbasis dengan apa yang kita ketahui hari ini sebagai Hapkido modern. [ 16]
Sebagian besar bentuk Hapkido meliputi serangkaian tendangan ganda digunakan untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi dan kontrol otot.
Sebuah contoh dari serangkaian tendangan ganda
  • Jurus depan - Side kick
  • Depan Jurus - Jurus Kembali ("Menghidupkan kembali-Side kick")
  • Depan Jurus - Jurus Gedung Bundar
  • Depan Heel / kait Jurus - Jurus Gedung Bundar
  • Inverted Jurus Side Rendah - Jurus Side Tinggi
  • Di dalam Bulan Sabit Jurus - Jurus Bulan Sabit Luar (atau Heeldown / Axe Jurus untuk keduanya)
  • Di dalam Jurus Crescent - Side kick (atau dalam Jurus Heeldown dan Kick Side)
  • Di luar Heel-down Jurus - Jurus Gedung Bundar
  • Ankle Jurus Scoop - Side kick
  • Tutup Jurus - Jurus Depan
  • Di dalam Heel Hooking-the Paha-Jurus Jurus Depan
  • Tinggi Jurus Heel pemintalan - Jurus Heel Rendah pemintalan
  • Di dalam Jurus Footblade - Di luar Footblade Jurus
  • Heeldown luar Kick - Gedung Bundar
Setelah tendangan yang dikuasai menggunakan satu tendangan kaki siswa pindah ke versi melompat menggunakan kaki menendang alternatif.
Kim Chong Sung (Jang Mu Won Hapkido Pendiri) ( Hangul : 김종성), adalah salah satu aktif tertua hidup instruktur Hapkido, menyatakan bahwa sumber dari metode ini adalah menendang dari seni menendang asli Korea taekkyeon. Orang lain merasa bahwa tendangan yang lebih mewakili kong soo do dan tang soo melakukan gaya yang muncul dari adaptasi dari bentuk karate Jepang.

pemogokan Tangan

Seperti seni bela diri yang paling, Hapkido mempekerjakan sejumlah besar pukulan dan serangan tangan, serta siku pemogokan. Sebuah contoh khas dari teknik tangan Hapkido merupakan "tangan hidup" mogok yang memfokuskan energi ke baek hwa hyul di tangan, menghasilkan energi dan pemogokan pemogokan internal. Serangan tangan sering digunakan untuk melemahkan lawan sebelum mengunci bersama dan melempar, dan juga sebagai teknik finishing.
Tangan mencolok dalam Hapkido (kecuali dalam kompetisi) tidak terbatas pada pukulan dan tangan terbuka mencolok; beberapa arti diberikan kepada mencolok dengan kuku pada tenggorokan dan mata, menarik-narik alat kelamin lawan juga dibahas dalam pelatihan konvensional.
Untuk mengingat serangan tangan lebih mudah dalam situasi emosional, siswa mulai diajarkan konvensional, pola efektif blok dan serangan balik yang disebut makko Chigi ( Hangul : 막고 치기),yang berkembang menjadi teknik yang lebih kompleks karena siswa menjadi akrab dengan mereka.

teknik manipulasi Bersama


Sebuah hyperflexingwristlock digunakan sebagaiteknik kepatuhan sakit .

Lurus armlock adalah contoh dari elbowlock sangat efektif.
Banyak dari teknik ini bersama Hapkido kontrol dikatakan berasal sebagian besar dari Daito-ryu Aiki-Jujitsu . Mereka diajarkan sama dengan teknik aikido, namun secara umum lingkaran lebih kecil dan teknik yang diterapkan dengan cara yang lebih linier. Teknik manipulasi sendi Hapkido yang menyerang sendi-sendi besar (seperti siku, bahu, leher, punggung, lutut, dan pinggul) dan sendi kecil (seperti pergelangan tangan, jari, pergelangan kaki, jari kaki, rahang).
Teknik yang paling melibatkan menerapkan kekuatan dalam arah yang bergerak bersama secara alami dan kemudian memaksanya untuk mengulur atau dengan memaksa bersama untuk bergerak ke arah yang bertentangan dengan berbagai alamnya gerak. Teknik ini dapat digunakan untuk menyebabkan rasa sakit dan memaksa penyerahan, untuk menguasai lawan untuk 'datang' teknik (seperti yang sering digunakan dalam penegakan hukum), untuk membantu dalam lemparan keras atau lembut atau menyebabkan dislokasi atau melanggar sendi. Hapkido berbeda dari beberapa gaya perang posting dari Aikido di pelestariannya dari banyak teknik besar yang diterapkan terhadap sendi yang dianggap oleh beberapa menjadi tidak konsisten dengan filosofi Aikido yang lebih pacificistic.
Wristlocks
Hapkido terkenal karena penggunaannya dari berbagai wristlocks . Teknik ini diyakini berasal dari Daito-ryu Aiki-Jujutsu meskipun cara mereka kinerja tidak selalu identik dengan seni induk. Masih banyak teknik yang ditemukan dalam Hapkido cukup mirip dengan Daito-ryu dan aikido yang berasal dari seni itu. Contoh teknik tersebut adalah: wristlock supinating, pronating wristlock, wristlock rotasi internal, dan pemanfaatan titik-titik tekanan di pergelangan tangan. Teknik-teknik yang umum untuk berbagai bentuk jujutsu Jepang, Cina na dagu , dan bahkan "menangkap sebagai hasil tangkapan dapat" gulat.
Elbowlocks
Meskipun terkenal dengan teknik wristlocking nya Hapkido memiliki array sama macam taktik yang pusat atas manipulasi sendi siku (lihat armlock ). Pertahanan teknik diri pertama biasanya diajarkan di sekolah Hapkido banyak adalah tekan siku knifehand. Teknik ini diduga berasal dari Daito-ryu yangippondori, metode melucuti dan menghancurkan sendi siku dari menghunus pedang lawan. Hapkido typically introduces this technique off a wrist grabbing attack where the defender makes a circular movement with his hands to free themselves from their opponent's grasp and applies a pronating wristlock while cutting down upon the elbow joint with their forearm, taking their opponent down to the ground where an elbow lock is applied with one's hand or knee to immobolize the attacker in a pin. Interestingly both Daito-ryu and aikido prefer to use handpressure on the elbow throughout the technique rather than using the forearm as a "hand blade ( Korean : 수도 ; 手刀)", cutting into the elbow joint, in the hapkido manner.

Throwing techniques


Hapkido students practice throws and joint manipulation in a dojang .
In addition to throws which are achieved by unbalancing one's opponent through the twisting of their joints, hapkido also contains techniques of pure throwing which do not require the assistance of jointlocks. Some of these techniques are found within Daito-ryu but a great many of them are held in common with judo (the same Chinese characters are pronounced "yudo 유도" in Korean). Many of early practitioners of hapkido had extensive judo backgrounds including Choi Yong-Sool's first student Seo Bok-Seob.
Judo techniques were introduced in the early years of the 20th century in Korea during the Japanese colonial period . Judo/Yudo tactics employ extensive use of throws, various chokes , hold downs , joint locks, and other grappling techniques used to control the opponent on the ground. It is believed that these techniques were absorbed into the hapkido curriculum from judo as there were a great many judo practitioners in Korea at that time and its tactics were commonly employed in the fighting of the period. Indeed, there also exists a portion of the hapkido curriculum which consists of techniques specifically designed to thwart judo style attacks.

Hapkido practitioners perform grapplingtechniques.

Hapkido holds many throwingtechniques in common with judo .

Nunchaku (Ssahng Jol Gohn; 쌍절곤), one of hapkido weapons.
The judo/yudo techniques were however adopted with adjustments made to make them blend more completely with the self defense orientation which hapkido stresses. For example many of the judo style throwing techniques employed in hapkido do not rely upon the use of traditional judo grips on the uniform, which can play a large role in the Japanese sport. Instead in many cases they rely upon gripping the limbs, head or neck in order to be successful.
Even today Korea remains one of the strongest countries in the world for the sport of judo and this cross influence on the art of Korean hapkido to be felt in Hapkido influenced styles such asGongKwon Yusul ( Hangul : 공권 유술 ).

Senjata

As a hapkido student advances through the various belt levels (essentially the same as other Korean arts, eg taekwondo ), he or she learns how to employ and defend against various weapons. The first weapon encountered is most often a knife (kal; 칼). Another initial weapon used to teach both control and the basic precepts of utilizing a weapon with Hapkido techniques is the Jung Bong ( police batonsized stick), techniques and defenses against the 35 cm short stick (dahn bohng; 단봉), a walking stick or cane (ji-pang-ee; 지팡이), and a rope are introduced in hapkido training. Many hapkido organisations may also include other weapons training such as a sword (gum; 검), long staff (jahng bohng; 장봉), middle length staff , nunchaku (ssahng jol gohn; 쌍절곤), war-fan or other types of bladed weapons such as twin short swords. Some schools even teach students to defend against firearms. citation needed ] Hapkido weapons techniques are often incorporated into many military and law enforcement training curricula.

Pelatihan

Hapkido training takes place in a dojang. While training methods vary, a typical training session will contain technique practice (striking techniques as well as defensive throws and grappling), break falling ( nakbop ; 낙법; 落法), sparring, meditation and exercises to develop internal energy ( ki ; 기; 氣).
Although hapkido is in some respects a "soft" art, training is very vigorous and demanding. The practitioner could benefit in training by being lean and muscular. However, strength is not a prerequisite of hapkido; what strength and fitness is necessary to perform the techniques develops naturally as a result of training.
Example Curriculum
The following is an example of the Korea Hapkido Association technical requirements from 1st degree to 5th degree Black Belt as recorded by He-Young Kimm, created in association with Ji Han Jae. As one of the largest and most influential organizations[10] the content is fairly consistent with what is taught in a great many of today's hapkido dojangs and the current Korea Hapkido Federation. The order in which the techniques are introduced may vary with individual schools. Hapkido students practice throws and joint manipulation in a dojang.


X.SUBAK

Subak, Subakgi atau Yusul adalah salah satu tertentu atau generik kuno Korea seni bela diri .Secara historis istilah ini mungkin telah ditentukan seni bela diri tua Korea taekkyeon .

Sejarah

Awalnya, Korea terbagi menjadi tiga kerajaan : Silla di bagian tenggara negara itu, Goguryeo(Koguryo) di bagian utara, dan Baekje terletak di sebelah barat Silla . Gaya Subak diciptakan di kerajaan Korea Goguryeo .
Itu adalah gaya yang memanfaatkan serangan tangan, tendangan, jointlocks, dan melempar. Medan pegunungan Goguryeo mungkin telah membuat rakyatnya memiliki kaki yang relatif lebih kuat dari tangan mereka. rujukan? ]
Para Seonbae kata (juga diromanisasi sebagai sonbae, secara harfiah: "sesepuh" -先辈/ 선배) kadang-kadang diterjemahkan berarti "seorang pria kebajikan yang tidak pernah mundur dari perkelahian" karena itu adalah istilah yang digunakan untuk menandakan anggota Koguryo itu prajurit korps . Anggota Seonbae tinggal dalam kelompok dan belajar memanah , Gakju (nenek moyang ssireum ) dan Subak (nenek moyang Taekkyon ), sejarah, sastra, dan lain seni liberal .Meskipun mereka terus berlatih dalam pertempuran, selama waktu damai mereka membantu membangun jalan dan benteng, dibantu setelah bencana alam dan sebagainya. rujukan? ]

Pada tahun 400, dalam upaya untuk mendominasi seluruh bagian selatan negara itu, Baekje menginvasi Silla. Raja Gwanggaeto Agung dari Goguryeo yang dikatakan oleh beberapa account telah mengirim 50.000 tentara Seonbae untuk bantuan Silla. Kemudian ia akan berusaha untuk mendikte urusan internal Silla karena bantuan ini. rujukan? ]
Saat itu sekitar waktu ini bahwa rakyat Silla membentuk petugas elit korps disebut HwarangHwarang mungkin telah memanfaatkan teknik dari Subak di samping pelatihan di pedang tombak, busur, tombak dan berbagai bentuk tangan dan kaki pertempuran.. kutipan diperlukan ]

split

Subak mengambil pukulan berat selama Joseon periode, yang didirikan pada ideologiKonfusianisme , menekankan seni sastra, bukan seni bela diri Subak hanya diizinkan untuk dipraktekkan dalam kompetisi yang disebut subakhui.. rujukan? ] Setelah tiga buti subakhui berturut-turut sukses, hanya kemudian bisa menjadi pemenang bekerja sebagai seorang prajurit. rujukan? ]
Itu juga selama awal dinasti Joseon yang Subak menjadi Taekkyeon. Subak adalah teknik tubuh bagian atas, sedangkan Taekkyeon adalah teknik tubuh bagian bawah. Yusul berarti "lunak" dan sehingga kedua Taekkyeon dan Subak memiliki "yusul" gerakan. Apapun, alasan perubahan nama hilang, Subak menjadi Taekkyeon, seni bela diri yang sama hanya berganti nama. [1] Yusul [유술 /柔术] ditulis dengan sama Hanja sebagai Jujitsu , dan karena柔berarti "lembut / lentur / menghasilkan" setiap teknik yusul alami akan "redirect" kekuatan lawan daripada menghadapinya secara langsung. Kwonsul [권술 /拳术], adalah istilah yang kontras dan meskipun secara harfiah berarti "teknik tinju" itu tidak diragukan lagi termasuk pemogokan dibuat dengan kaki serta tanganTaekkyeon. [태껸] adalah istilah yang dianggap lebih sesuai dengan permainan atau metodologi pelatihan menganggur, sedangkan kwonsul [권술 /拳术] atau kwonbeop [권법 /拳法] adalah terminologi yang biasanya berhubungan dengan tangan ke tangan teknik pertempuran. Argumen yang sama dapat dibuat tentang ssireum [씨름] (permainan) dan japgi [잡기] (keterampilan bergulat).

X.TAEKKYON

Taekkyeon adalah seni bela diri tradisional korea dengan penampilan tari-seperti dalam beberapa aspek. Sebuah Goguryeo mural lukisan di makam Samsil menunjukkan Taekkyeon dipraktekkan pada awal Era Tiga Kerajaan dan ditransmisikan dari Goguryeo untuk Shilla . Tiga Kerajaan periode berlangsung dari 57 AD sampai kemenangan Silla atas Goguryeo di 668, [1] yang menandai awal dari Utara dan Selatan periode Serikat (남북 국 시대) dari Silla Bersatu di Selatan dan Balhae di Utara. [1] [2] Yang ada paling awal ditulis sumber Taekkyeon disebutkan adalah buku Manmulmo(juga Jaemulmo), yang ditulis sekitar 1790 oleh Lee, Sung-Ji. [3] Taekkyeon juga sering diromanisasi informal sebagai Taekkyon atau Taekyon.

Sejarah Taekkyeon

Taekkyeon berasal dari seni sebelumnya disebut Subak , Cina memiliki [Shoubo], dua bentuk dimana similer sangat paling mungkin. Hal ini pada periode Tiga Kerajaan. Subak disebutkan dalam teks-teks tertua Korea yang masih hidup, Samguek Sagi / Yusa pada abad 12 dan 13. Semua befor catatan tanggal tersebut telah hancur dalam perang. Kembali dari gerakan tubuh bagian atas di mana yang disebut Subak dan pekerjaan kaki dikenal sebagai Taekkyeon. Setelah lebih dari seribu tahun pembangunan ini seni bela diri militer Korea kemudian disebut Taekkyeon, menjatuhkan Subak tersebut. Tidak ada yang tahu mengapa, itu hilang dari sejarah. [4] selama awal Dinasti Joseon . Praktiknya tidak pernah tampaknya telah luas dalam semenanjung Korea, tetapi dipraktekkan sering di sekitar Hanyang, ibukota Dinasti Chosun dan Seoul hari ini. Pada puncak popularitasnya, bahkan raja dipraktekkan Taekkyeon, [5] dan pertandingan Taekkyeon sering dilakukan. Namun, raja berikutnya melarang pertandingan Taekkyeon, termotivasi oleh perjudian yang berlangsung di sekitar mereka - di mana orang akan mempertaruhkan istri dan rumah - sehingga mengembalikannya menjadi seni murni militer. Taekkyeon didokumentasikan sebagai seni bela diri yang tinggal di sebuah buku 1895 pada olahraga Korea dan permainan. [6]
Taekkyeon mengambil pukulan telak ketika Neo-Konfusianisme tumbuh dalam popularitas, dan kemudian pendudukan Jepang nyaris membuat seni punah. Taekkyeon telah menikmati kebangkitan dalam dekade setelah berakhirnya masa penjajahan Jepang pada tahun 1945. Para Widae terakhir (tinggi-desa) Taekkyeon Guru, Song-Ki Duk, dipelihara praktek Seni sepanjang pendudukan Jepang dan kemudian meletakkan bibit untuk regenerasi seni '. Dia menjadi aset budaya manusia pertama di taekkyeon. Aset Penting Budaya Takbenda No 76 "pada tanggal 1 Juni 1983. Ini adalah seni bela diri tradisional Korea hanya yang memiliki seperti klasifikasi Pada bulan November 2011, Taekkyeon diakui oleh UNESCO dan ditempatkan di Daftar Warisan Dunia tidak berwujud,. Membuatnya menjadi seni bela diri pertama di Daftar yang Sistem Taekkyeon sudah sangat tua dan salah satu sistem seni bela diri asli untuk bertahan hidup sampai saat ini..

Teknik


Nal-Chi-Gi

Taekkyeon tempur yang dimiliki untuk Hi! Seoul Festival pada April 28, 2007

Tae-Jil

Up-Eo-Chi-Gi
Taekkyeon berisi berbagai teknik, termasuk tangan dan teknik kaki serta kunci bersama, melempar dan kepala seluruh tubuh butts.The digunakan. Taekkyeon mengajarkan berbagai macam tendangan, tendangan terutama rendah, lutut, melompat. Gerak kaki Dasar dipraktekkan dengan lengan dipegang di belakang punggung, untuk mengembangkan balence tepat. Langkah-langkah dasar adalah geometris dan inti dari semua gerakan maju. Setiap gerakan dasar memiliki makna yang mendalam dan segudang aplikasi baik dalam aplikasi seni bela diri dan penggunaan sehari-hari. Semua gerakan yang alami bagi tubuh manusia. Taekkyeon adalah seni bela diri alami.
Mutasi Taekkyon adalah cairan dan tari-seperti dengan praktisi terus bergerak. Hal ini unik karena membungkuk terus-menerus dan ulur lutut yang disebut o-kum jil. Sebagai contoh, Taekkeyon tidak menggunakan gerakan lutut tiba-tiba. Prinsip-prinsip dan metode yang digunakan untuk memperpanjang tendangan lebih menekankan pada kasih karunia / keselarasan daripada kekuatan, karena dengan gerakan lengan. Mereka tidak mengatur bentuk atau kurikulum yang tetap dalam sistem tradisional. Master dapat membuat sistem pribadi mereka sendiri untuk mengajar teknik-teknik dasar. Dasar-dasar yang pernah sama saja urutan di mana apa yang diajarkan bisa berubah.Hal ini berbeda dari kebanyakan seni bela diri lain di mana bentuk, pola atau Poomse adalah tetap dan dianggap tidak dapat diubah. Hubungan siswa Guru adalah unik. Tidak ada dua siswa akan belajar gerakan dasar dalam urutan yang sama, namun pada akhirnya semuanya tertutup.Taekkyeon adalah kurikulum dasar sepuluh tahun.
Taekkyeon menggunakan menyapu banyak dengan tendangan lurus ke depan rendah menggunakan bola kaki dan tumit dan mengalir bulan sabit seperti tendangan tinggi. Ada banyak tendangan yang menggerakkan kaki ke luar dari tengah, yang disebut gyot cha gi, dan ke dalam dari luar menggunakan sisi tumit dan bagian samping kaki. Seni juga menggunakan trik seperti perjalanan ke dalam, dinding-jumping, palsu-out, tempo, dan slide-loncatan. Seni ini juga seperti tari di mana pesawat tempur terus-menerus mengubah sikap dari kiri ke kanan dengan melangkah ke depan dan ke belakang dengan tangan dan siap untuk menjaga. Taekkyeon memiliki sistem complet untuk mengubah sikap pertempuran kanan dan kiri.

Sebagai olahraga

Ketika Taekkyon dipraktekkan dalam kompetisi, menggunakan subset terbatas dari teknik, dengan fokus pada bergulat dan menendang saja. Poin dinilai dengan melempar (atau tersandung) lawan ke tanah, mendorong dia keluar dari ring, atau menendang dia di kepala. Ada serangan tangan tidak ada atau headbutts, dan sengaja melukai lawan adalah dilarang. (The tendangan kepala seringkali cukup tajam, tetapi kekuatan biasanya tidak penuh, dan para pejuang tidak boleh mencoba untuk memakai lawan turun dengan pukulan tubuh seperti di barat muay thai tinju atau). Cocok kadang-kadang ditentukan oleh yang terbaik dari tiga jatuh-pesawat tempur pertama yang mencetak dua poin menang. Namun, asosiasi modern yang berbeda menggunakan aturan yang sedikit berbeda.Untuk mata yang tidak terlatih, pertandingan adalah urusan hati tapi menyenangkan. Lingkaran kontestan saling waspada, perubahan gerak kaki mereka terus-menerus dan melakukan gerak tipu dengan tendangan rendah, sebelum meledak menjadi sebuah kebingungan tindakan yang mungkin meninggalkan satu pejuang rata di / nya kembali.

Perkembangan modern

Pada tahun 1987, orang yang paling penting untuk transmisi Taekkyon, Lagu Duk-ki yang diberiharta nasional status oleh pemerintah Korea Selatan , [7] meninggal pada usia 94. Tak lama kemudian, di tahun yang sama, Shin Han Seung-(yang paling bertanggung jawab untuk pendaftaran Taekkyon sebagai aset budaya takbenda) juga meninggal. Sejak saat ini, asosiasi Taekkyon yang mengikuti beberapa tujuan yang berbeda yang aktif. Widea Taekkyeon melanjutkan tradisi asli Taekkyeon di Seoul, Korea dan Amerika saat ini.
Asosiasi Taekkyon hanya berwenang adalah:
  • Korea Taekkyon Association (KTA)
  • Korea Tradisional Taekgyeon Association (KTTA)
  • Para Kyulyun Taekyun Association (KTK)
  • Organisasi Taekkyeon World Wide  

X.Taekwondo

Taekwondo ( 태권도 ; 跆拳道 ; pengucapan Korea: [t ʰ ɛk ͈ wʌndo] ; / . t  k w ɒ n d oʊ. / ) adalah seni bela diri Korea dan olahraga nasional dari Korea Selatan . Di Korea , tae (태,  ) berarti "menendang atau menghancurkan dengan kaki"; kwon (권,  ) berarti "menendang atau menghancurkan dengan tinju", dan lakukan (도,  ) berarti "jalan", "metode" , atau "jalan". Jadi,Taekwondo dapat secara bebas diterjemahkan sebagai "jalan tangan dan kaki." [1] Nama taekwondojuga ditulis sebagai Taekwon-do, tae kwon-do, atau tae kwon do oleh berbagai organisasi, berdasarkan sejarah, filosofis, atau politik rujukan? ] alasan.
Ini menggabungkan tempur teknik, bela diri , olahraga , latihan , dan dalam beberapa kasusmeditasi dan filsafat . Pada tahun 1989, Taekwondo adalah seni bela diri paling populer di dunia dalam hal jumlah praktisi. [2] Gyeorugi (diucapkan [ɡjʌɾuɡi] ), sejenis perdebatan , telah menjadi acara Olimpiade sejak tahun 2000.
Ada dua cabang utama pengembangan Taekwondo, yang tidak selalu saling eksklusif:
  • "Tradisional taekwondo" biasanya mengacu pada seni bela diri seperti yang didirikan pada tahun 1950-an dan 1960-an di militer Korea Selatan , dan di berbagai organisasi sipil, termasuk sekolah dan universitas. Secara khusus, nama dan simbolisme pola tradisional sering menyebut unsur-unsur sejarah Korea , budaya dan filsafat keagamaan.Saat ini, Kukkiwon, atau Markas Besar Dunia Taekwondo adalah pusat tradisional untuk Taekwondo di Korea.
  • "Olahraga Taekwondo" telah dikembangkan pada dekade sejak 1950-an dan mungkin memiliki fokus yang agak berbeda, terutama dalam hal penekanan pada kecepatan dan persaingan (seperti dalam perdebatan Olimpiade). Olahraga taekwondo pada gilirannya dibagi lagi menjadi dua gaya utama, satu berasal dari Kukkiwon , sumber dari sistem perdebatan sihap gyeorugi yang sekarang acara di musim panas Olimpiade dan yang diatur oleh Federasi Dunia Taekwondo (WTF). Yang lainnya berasal dari International Taekwon-Do Federation (ITF). [3]
Meskipun ada doktrinal dan teknis perbedaan antara dua gaya utama dan di antara berbagai organisasi, seni pada umumnya menekankan tendangan dilemparkan dari suatu sikap bergerak, mempekerjakan jangkauan kaki yang lebih besar dan daya (dibandingkan dengan lengan). Pelatihan Taekwondo umumnya mencakup sistem blok, tendangan, pukulan, dan terbuka tangan pemogokan dan juga dapat mencakup berbagai take-down atau menyapu, melempar, dan kunci bersama.Beberapa instruktur taekwondo juga menggabungkan penggunaan titik-titik tekanan, yang dikenal sebagai jiapsul, serta meraih teknik pertahanan diri dipinjam dari seni bela diri lainnya, sepertiHapkido dan judo .

Sejarah

Tertua Korea seni bela diri adalah sebuah penggabungan dari gaya pertempuran bersenjata yang dikembangkan oleh tiga Kerajaan Korea saingan dari Goguryeo , Silla dan Baekje , [4] di mana pemuda dilatih dalam teknik pertempuran bersenjata untuk mengembangkan kekuatan, kecepatan, dan keterampilan bertahan hidup. Yang paling populer dari teknik ini adalah subak , dengantaekkyeon yang paling populer dari segmen subak. Mereka yang menunjukkan bakat alam yang kuat dipilih sebagai trainee dalam korps prajurit baru khusus, yang disebut Hwarang . Ia percaya bahwa pria muda dengan bakat untuk seni liberal mungkin memiliki kasih karunia untuk menjadi prajurit yang kompeten. Prajurit ini diperintahkan dalam akademisi dan seni bela diri, filosofi pembelajaran, sejarah, kode etik, dan olahraga berkuda. Pelatihan militer mereka termasuk program senjata luas yang melibatkan pedang dan memanah, baik di atas kuda dan berjalan kaki, serta pelajaran di taktik militer dan memerangi bersenjata menggunakan subak . Meskipun subak adalah seni berorientasi kaki di Goguryeo , Silla 'pengaruh menambahkan teknik tangan untuk prakteksubak.
Selama ini seorang prajurit Silla beberapa orang terpilih diberi pelatihan taekkyeon oleh master awal dari Koguryo . Prajurit ini kemudian menjadi dikenal sebagai Hwarang . Hwarang mendirikan akademi militer untuk anak-anak royalti di Silla disebut Hwarang-do , yang berarti "jalan kedewasaan berbunga." Hwarang mempelajari taekkyeon, sejarah, Konfusianisme filsafat, etika, Buddhamoralitas, keterampilan sosial dan taktik militer. Prinsip-prinsip Hwarang prajurit didasarkan padaWon Gwang 'lima kode perilaku manusia dan loyalitas disertakan, tugas berbakti, kepercayaan, keberanian dan keadilan Taekkyeon tersebar di seluruh Korea. karena Hwarang perjalanan seluruh semenanjung untuk belajar tentang yang lain daerah dan masyarakat.
Terlepas dari sejarah yang kaya Korea seni bela diri kuno dan tradisional, seni bela diri Korea memudar ke dalam ketidakjelasan selama Dinasti Joseon . Korea masyarakat menjadi sangat terpusat di bawah Konfusianisme Korea dan seni bela diri yang buruk dianggap dalam masyarakat yang cita-cita yang dicontohkan oleh raja-sarjana nya. [5] praktek formal seni bela diri tradisional seperti subak dan taekkyeon disediakan untuk menggunakan militer sanksi. Rakyat praktek sipiltaekkyeon menetap sampai abad ke-19. [4]
Selama pendudukan Jepang Korea (1910-1945), semua aspek dari etnis Korea identitas dilarang atau ditekan. [6] Tradisional seni bela diri Korea seperti taekkyeon atau subak dilarang selama ini. [7]Selama pendudukan, warga Korea yang mampu belajar dan menerima peringkat di Jepang terkenaseni bela diri Jepang . [8] orang lain kena seni bela diri di Cina dan Manchuria. [9] [10] [11]
Ketika pendudukan berakhir pada 1945, Korea seni bela diri sekolah ( kwan s ) mulai terbuka di Korea di bawah berbagai pengaruh. [9] [12] Ada beberapa perbedaan pandangan mengenai asal usul seni diajarkan di sekolah-sekolah. Beberapa percaya bahwa mereka mengajarkan seni bela diri yang didasarkan terutama pada seni tradisional Korea Taekkyon bela diri dan subak, [13] [14] [15] [16] [17]atau bahwa taekwondo berasal dari seni bela diri asli Korea dengan pengaruh dari tetangga negara.[9] [18] [19] [20] [21] [22] Yang lain percaya bahwa sekolah-sekolah ini mengajarkan seni yang hampir seluruhnya didasarkan pada karate . [23] [24] [25]
Pada tahun 1952, pada puncak dari Perang Korea , ada pameran seni bela diri di mana kwansditampilkan keterampilan mereka. Dalam satu demonstrasi, Nam Tae Hi menghancurkan 13 ubin atap dengan pukulan. Setelah demonstrasi ini, Presiden Korea Selatan Syngman Rheemenginstruksikan Choi Hong Hi untuk memperkenalkan seni bela diri ke tentara Korea . Pada pertengahan tahun 1950, sembilan kwan s telah muncul. Syngman Rhee memerintahkan agar berbagai sekolah bersatu di bawah satu sistem. Nama "taekwondo" telah disampaikan oleh salahChoi Hong Hi (dari Oh Apakah Kwan) atau Song Duk Anak (dari Chung Do Kwan ), dan diterima pada tanggal 11 April 1955. Seperti berdiri hari ini, sembilan kwan s adalah pendiri taekwondo, [26]meskipun tidak semua s kwan digunakan nama. Para Korea Taekwondo Association (KTA) dibentuk pada 1959/1961 untuk memfasilitasi penyatuan tersebut. [8] [14] [27]
Pada awal 1960-an, Taekwondo membuat debut di seluruh dunia dengan tugas dari master asli dari taekwondo ke berbagai negara. Standardisasi usaha di Korea Selatan macet, sebagai s kwan terus mengajar gaya yang berbeda. Permintaan lain dari pemerintah Korea untuk penyatuan mengakibatkan pembentukan Korea Tae Soo Do Association, yang berganti nama kembali ke Korea Taekwondo Association pada tahun 1965 menyusul perubahan kepemimpinan. The International Taekwon-Do Federation didirikan pada tahun 1966, diikuti oleh Federasi Dunia Taekwondo pada tahun 1973.
Sejak tahun 2000, Taekwondo telah menjadi salah satu dari hanya dua seni bela diri Asia (satunya lagi judo ) yang termasuk dalam Olimpiade , itu menjadi peristiwa demonstrasi dimulai dengan tahun 1988 permainan di Seoul, dan menjadi acara medali resmi dimulai dengan tahun 2000 game di Sydney. Pada tahun 2010, Taekwondo diterima sebagai Commonwealth Games olahraga. [28]
Satu sumber memperkirakan bahwa pada 2009, Taekwondo dipraktekkan di 123 negara, dengan lebih dari 30 juta praktisi dan 3 juta orang dengan sabuk hitam di seluruh dunia. rujukan? ]Pemerintah Korea Selatan pada tahun yang sama diterbitkan perkiraan 70 juta praktisi di 190 negara. [29]

Fitur


Sebuah terbalik melompat tendangan kait
Taekwondo dikenal dengan penekanan pada teknik menendang, yang membedakannya dari seni bela diri seperti karate gaya atau selatan kung fu . Alasannya adalah bahwa kaki adalah senjata terpanjang dan terkuat seorang seniman bela diri memiliki, dan menendang dengan demikian memiliki potensi terbesar untuk mengeksekusi serangan kuat tanpa pembalasan sukses.
Taekwondo sebagai seni bela diri yang populer dengan orang-orang dari kedua jenis kelamin dan usia banyak. Secara fisik, taekwondo mengembangkan kekuatan, kecepatan, keseimbangan, fleksibilitas, dan stamina. Contoh penyatuan disiplin mental dan fisik adalah melanggar dari kayu, batu bata atau papan ubin, yang membutuhkan baik penguasaan fisik teknik dan konsentrasi untuk fokus kekuatan seseorang.
Seorang mahasiswa taekwondo biasanya memakai seragam ( dobok 도복 /道服), (warna atau lainnya) sering putih tapi kadang-kadang hitam, dengan sabuk (DTI 띠) diikatkan di pinggang.Setidaknya ada tiga gaya utama dari do-bok, dengan perbedaan yang paling jelas adalah dalam gaya jaket: (1) cross-atas bagian depan jaket yang menyerupai pakaian tradisional Asia, (2) jaket V-neck (lintas tidak -over) biasanya dipakai oleh praktisi WTF, dan (3) vertikal-penutupan depan jaket (tidak ada cross-over) biasanya dipakai oleh praktisi ITF. Warna sabuk dan suatu lambang menunjukkan peringkat siswa. Secara umum, semakin gelap warnanya, semakin tinggi peringkat.Sekolah atau tempat di mana instruksi diberikan disebut-do jang (도장). Para grandmaster dari-do jang disebut gwan-jang-NIM (관장님); Master (instruktur senior atau kepala do-jang) disebut sa-beom-NIM (사범님); Instruktur disebut gyo-san-NIM ( 교사님); Asisten Instruktur disebut jo-gyo-NIM(조교님)
Taekwondo, bersama dengan banyak seni bela diri lain, secara tradisional dilakukan dengan kaki telanjang, meskipun ada sepatu pelatihan khusus yang kadang-kadang dapat dipakai.
Meskipun masing-masing klub taekwondo atau sekolah akan berbeda, seorang siswa biasanya mengambil bagian dalam sebagian besar atau semua hal berikut: [30]
  • Belajar teknik dan kurikulum taekwondo
  • Kedua anaerobik dan aerobik latihan, termasuk peregangan
  • Teknik pertahanan diri (hosinsool 호신술)
  • Pola (juga disebut bentuk, Poomsae 품새 /品势, teul 틀, hyeong 형 /型)
  • Perdebatan (disebut gyeorugi 겨루기, atau matseogi 맞서기 di ITF), yang dapat mencakup 7 -, 3 -, 2 - dan 1-langkah perdebatan, gaya bebas perdebatan, diatur perdebatan, perdebatan titik, dan jenis-
  • Relaksasi dan meditasi latihan; pernapasan kontrol
  • Melontar dan / atau jatuh teknik (deonjigi 던지기 dan ddeoreojigi 떨어지기)
  • Fokus pada mental dan etika disiplin , etika , keadilan , rasa hormat , dan rasa percaya diri
  • Melanggar (gyeokpa 격파 atau weerok), menggunakan teknik untuk mematahkan panel untuk demonstrasi pengujian, pelatihan dan seni bela diri. Demonstrasi sering juga memasukkan batu bata, ubin, dan blok es atau bahan lainnya. Dapat dipisahkan menjadi tiga jenis:
    • Daya melanggar - menggunakan teknik mudah untuk mematahkan panel sebanyak mungkin
    • Melanggar Kecepatan - papan diadakan longgar per satu tepi, menempatkan fokus khusus pada kecepatan yang dibutuhkan untuk melakukan istirahat
    • Khusus teknik - melanggar papan lebih sedikit tetapi menggunakan teknik melompat atau terbang untuk mencapai ketinggian yang lebih besar, jarak, atau hambatan yang jelas
  • Ujian untuk maju ke peringkat berikutnya
Beberapa sekolah mengajarkan "gelombang sinus" Teknik saat melakukan pola. Ini melibatkan meningkatkan pusat gravitasi seseorang antara teknik, lalu menurunkan sebagai teknik ini dilakukan, menghasilkan gerakan naik-turun dari mana istilah "gelombang sinus" berasal. Sekolah lain mengajarkan bahwa pusat gravitasi seseorang harus tetap umumnya konstan di seluruh kinerja sebuah pola kecuali deskripsi pola yang menyatakan sebaliknya.

Organisasi


Empat bata paving beton rusak dengan serangan pisau tangan.Tempointeraktif teknik yang sering dipraktekkan di taekwondo.
Dua sistem yang paling populer taekwondo diberi nama hanya setelah organisasi masing mereka:Taekwondo World Federation (WTF) dan Taekwon-Do Federasi Internasional (ITF).
WTF ini didirikan pada tahun 1973, dengan akar dalam KTA. KTA Tengah Dojang telah dibuka di Korea Selatan pada tahun 1972, dan beberapa bulan kemudian, namanya diubah menjadi Kukkiwon ini. Tahun berikutnya, WTF dibentuk. Para Komite Olimpiade Internasional mengakui perdebatan dan WTF Taekwondo pada tahun 1980.
Meskipun istilah "WTF" dan "Kukkiwon" sering keliru digunakan secara bergantian, Kukkiwon tersebut adalah organisasi yang sama sekali berbeda yang melatih dan mensertifikasi instruktur dan resmi isu Dan Poom dan sertifikat di seluruh dunia. Kukkiwon ini memiliki gedung sendiri fisik yang unik yang berisi kantor administrasi dari Kukkiwon (World Taekwondo Headquarters) di Seoul, Korea Selatan dan adalah sistem taekwondo. WTF adalah komite turnamen dan tidak teknis gaya atau sistem.
ITF didirikan pada 1966 oleh Choi Hong Hi sebagai kelompok sempalan dari KTA tersebut. Setelah kematian Choi pada tahun 2002, sejumlah sengketa suksesi pecah ITF menjadi tiga kelompok yang berbeda, semua mengaku sebagai asli. Ketiga badan semua organisasi swasta. Dua terletak di Austria dan satu di Kanada. Kantor pusat pelatihan resmi dari ITF terletak di Istana Taekwondo diPyongyang , Korea Utara , dan didirikan pada pertengahan 1990-an. Ada banyak organisasi swasta lainnya, seperti Uni Dunia Tradisional Taekwondo dan Asosiasi Taekwondo Amerikamempromosikan gaya Songahm dari taekwondo dan Rhee Taekwon-Do mengajar gaya militer taekwondo. Acara dan kompetisi yang diselenggarakan oleh organisasi swasta sebagian besar tertutup bagi siswa taekwondo lain. Namun, peristiwa WTF-sanksi memungkinkan setiap orang, terlepas dari afiliasi sekolah atau bela diri gaya seni, untuk bersaing di acara WTF selama ia adalah anggota dari Asosiasi Nasional Anggota WTF dalam atau bangsanya, yang terbuka untuk siapa saja untuk bergabung. Perbedaan teknis utama di antara banyak organisasi berkisar pada pola , yang disebut hyeong 형, Poomsae 품새, atau teul 틀, menetapkan urutan resmi yang ditentukan gerakan yang menunjukkan penguasaan postur tubuh, posisi, dan teknik, sparring aturan untuk kompetisi, dan filsafat.
Selain organisasi-organisasi swasta, sekolah-sekolah asli ( kwans ) yang membentuk organisasi yang akhirnya akan menjadi Kukkiwon terus eksis sebagai organisasi independen keanggotaan persaudaraan yang mendukung dan WTF Kukkiwon ini. Kurikulum resmi dari kwans adalah bahwa dari Kukkiwon ini. Para kwans juga berfungsi sebagai saluran untuk pengeluaran Kukkiwon Dan danPoom sertifikasi (peringkat sabuk hitam) untuk para anggotanya.

Peringkat, ikat pinggang, dan promosi

Jajaran Taekwondo biasanya dipisahkan menjadi "Junior" dan "senior," atau "mahasiswa" dan "instruktur," bagian. Bagian pertama biasanya terdiri dari sepuluh peringkat ditunjukkan oleh firman Korea geup 급 (juga Romanized sebagai kecek atau KUP). Jajaran junior biasanya diidentifikasi oleh sabuk berbagai warna, tergantung pada sekolah, sehingga peringkat ini kadang-kadang disebut "sabuk warna". Geup peringkat dapat diindikasikan dengan garis-garis pada sabuk bukan oleh sabuk berwarna. Siswa mulai dari geup kesepuluh (sering ditandai dengan sabuk putih) dan uang muka terhadap geup pertama (sering ditandai dengan sabuk merah dengan garis hitam).
Bagian senior biasanya terdiri dari sembilan peringkat. Peringkat ini disebut Dan 단, juga disebut sebagai " sabuk hitam "atau" derajat "(seperti dalam" Dan ketiga "atau" ketiga gelar sabuk hitam ").Sabuk hitam dimulai pada tingkat pertama dan maju ke kedua, ketiga, dan seterusnya. Tingkat ini sering ditunjukkan pada sabuk itu sendiri dengan garis-garis, angka Romawi, atau metode lain, tetapi terkadang sabuk hitam polos dan tanpa hiasan tanpa pangkat.
Untuk maju dari satu peringkat ke, siswa berikutnya biasanya tes promosi lengkap di mana mereka menunjukkan kemahiran mereka dalam berbagai aspek seni di depan panel hakim atau guru mereka. Promosi tes bervariasi dari sekolah ke sekolah, tetapi dapat mencakup unsur-unsur seperti pelaksanaan pola, yang menggabungkan berbagai teknik dalam urutan tertentu; melanggar papan untuk menunjukkan kemampuan untuk menggunakan teknik dengan kedua kekuasaan dan kontrol; perdebatan dan pertahanan diri untuk menunjukkan aplikasi praktis dan pengendalian teknik, dan menjawab pertanyaan pada terminologi, konsep dan sejarah untuk menunjukkan pengetahuan dan pemahaman tentang seni. Dan untuk tes yang lebih tinggi, siswa kadang-kadang diminta untuk mengambil tes tertulis atau menyerahkan sebuah makalah penelitian selain mengambil tes praktis.
Promosi dari satu geup ke yang berikutnya dapat melanjutkan dengan cepat di beberapa sekolah, karena sekolah sering membiarkan geup promosi setiap dua, tiga, atau empat bulan. Siswa peringkat geup mempelajari teknik paling dasar pertama, dan kemudian beralih ke teknik yang lebih maju ketika mereka mendekati Dan pertama. Banyak sekolah yang lebih tua dan lebih tradisional sering memakan waktu lebih lama untuk memungkinkan siswa untuk menguji peringkat yang lebih tinggi daripada yang lebih baru, sekolah yang lebih kontemporer, karena mereka mungkin tidak memiliki interval pengujian yang diperlukan.
Sebaliknya, promosi dari satu Dan untuk selanjutnya dapat mengambil tahun. Aturan umum adalah bahwa sabuk hitam dapat maju dari satu peringkat ke yang berikutnya hanya setelah beberapa tahun setara dengan peringkat saat ini. Misalnya, tingkat tiga yang baru dipromosikan sabuk hitam mungkin tidak diperbolehkan untuk maju ke empat derajat sampai empat tahun telah berlalu.Beberapa organisasi juga memiliki persyaratan usia yang berkaitan dengan promosi dan Dan dan dapat memberikan siswa yang lebih muda Poom 품 (SMP sabuk hitam) peringkat daripada peringkat Dan sampai mereka mencapai usia tertentu.
Peringkat sabuk hitam mungkin memiliki judul yang terkait dengan mereka, seperti "master" dan "instruktur" tetapi organisasi taekwondo sangat bervariasi dalam peraturan dan standar ketika datang ke peringkat dan judul. Apa yang berlaku dalam satu organisasi mungkin tidak berlaku di tempat lain, seperti yang terjadi di banyak sistem seni bela diri. Sebagai contoh, mencapai peringkat Dan I dengan pelatihan tiga tahun mungkin khas dalam satu organisasi, tapi cepat dalam organisasi lain, dan juga untuk jajaran lainnya. Demikian pula, judul untuk tingkatan Dan diberikan dalam satu organisasi mungkin tidak sama dengan judul untuk yang tingkatan Dan dalam organisasi lain.
Dalam Taekwon-Do Federasi Internasional , instruktur memegang 1 sampai 3 Dan disebutBoosabum (asisten instruktur), mereka yang memegang 4 sampai Dan 6 disebut Sabum(Instruktur), mereka yang memegang 7 sampai 8 Dan disebut Sahyun (master), dan mereka memegang 9 Dan disebut Saseong (grand master). [31] Sistem ini tidak, bagaimanapun, selalu berlaku untuk organisasi taekwondo lain.

Filsafat

Sejak Taekwondo dikembangkan di beberapa kwan s yang berbeda, ada ekspresi yang berbeda dari filosofi Taekwondo. Sebagai contoh, ajaran ITF dikatakan disimpulkan oleh dua frasa terakhir dalam Sumpah Mahasiswa ITF: "Aku akan menjadi juara kebebasan dan keadilan" dan ["Aku akan membangun dunia yang lebih damai." rujukan? ]

Kompetisi

Kompetisi Taekwondo biasanya melibatkan perdebatan , melanggar , pola , dan pertahanan diri(hosinsul). Dalam kompetisi taekwondo Olimpiade, namun hanya sparring (menggunakan aturan WTF kompetisi) yang dilombakan. [32]
Mungkin ada dua macam perdebatan kompetisi: titik, yang semua pemogokan kontak cahaya, dan jam dihentikan ketika titik dinilai, dan Olimpiade, di mana semua pemogokan kontak penuh dan jam terus ketika poin dinilai. (Mengutip ditemukan di website AAU) rujukan? ]

Dunia Taekwondo Federation


Resmi WTF batang pelindung (hogu),penjaga lengan bawah dan tulang kering penjaga
Di bawah Federasi Taekwondo Dunia dan aturan Olimpiade, perdebatan adalah peristiwa penuh kontak dan berlangsung antara dua pesaing di daerah berukuran 8 meter persegi. [33] menang dapat terjadi oleh poin, atau jika satu pesaing tidak dapat melanjutkan (sistem gugur) menang pesaing lainnya. [34] Setiap pertandingan terdiri dari tiga semi-kontinyu putaran kontak, dengan istirahat satu menit antara putaran. Ada dua kategori usia: 14-17 tahun dan 18 tahun dan lebih tua.
Poin diberikan untuk diizinkan, teknik akurat, dan kuat ke Wilayah nilai hukum; kontak cahaya tidak mencetak poin. Teknik-teknik hanya diperbolehkan adalah tendangan (memberikan serangan menggunakan area kaki di bawah pergelangan kaki) dan pukulan (memberikan serangan menggunakan kepalan tertutup). [35] Dalam kompetisi paling, poin diberikan oleh tiga hakim sudut menggunakan penghitungan skor elektronik . Beberapa A-Class turnamen, bagaimanapun, kini melakukan uji coba peralatan elektronik skor terkandung dalam pelindung tubuh pesaing. Ini hakim batas sudut untuk mencetak serangan hanya untuk kepala. Beberapa percaya bahwa sistem penilaian elektronik baru akan membantu untuk mengurangi kontroversi mengenai keputusan juri,[36] tapi teknologi ini masih belum diterima secara universal. [37] Mulai tahun 2009, tendangan atau pukulan yang membuat kontak dengan lawan hogu (tubuh penjaga yang berfungsi sebagai target penilaian) skor satu poin, jika tendangan ke hogu terlibat suatu teknik yang mencakup sepenuhnya membalikkan tubuh pesaing menyerang, sehingga kembali sepenuhnya terkena pesaing yang ditargetkan selama pelaksanaan teknik ini (tendangan berputar) , suatu nilai tambah diberikan; tendangan ke skor kepala tiga poin; per Oktober 2010 sebuah poin tambahan diberikan jika tendangan balik sudah digunakan untuk menjalankan serangan ini. [38] Punches ke kepala tidak diperbolehkan. Pada Maret 2010, tidak ada poin tambahan diberikan untuk merobohkan lawan (di luar poin yang normal diberikan untuk serangan hukum).
Wasit dapat memberikan sanksi setiap saat untuk melanggar aturan, seperti memukul daerah tidak diakui sebagai target, biasanya kaki atau leher. Penalti berarti bahwa baik setengah titik atau titik seluruh dijatuhkan. Jika jumlah poin di akhir pertandingan tidak seluruh nomor skor dibulatkan ke terdekat.
Pada akhir tiga putaran, pesaing dengan poin lebih banyak memenangkan pertandingan. Dalam hal dasi pada akhir tiga putaran, keempat "kematian mendadak" lembur bulat, kadang-kadang disebut "Golden Point", akan diadakan untuk menentukan pemenang setelah masa istirahat satu menit.Dalam babak ini pesaing pertama yang mencetak poin memenangkan pertandingan. Jika tidak ada skor pada babak tambahan pemenang akan ditentukan oleh keunggulan yang ditetapkan oleh pejabat perwasitan. [38]
Hingga tahun 2008, jika satu pesaing mendapatkan memimpin 7-titik di atas yang lain, atau jika satu pesaing mencapai total 12 poin, maka pesaing yang segera dinyatakan sebagai pemenang dan pertandingan berakhir. Aturan-aturan ini dihapuskan oleh WTF pada awal 2009. Pada bulan Oktober 2010 WTF diperkenalkan kembali aturan kesenjangan titik. Di bawah aturan baru jika peserta telah memimpin 12 poin pada akhir putaran kedua atau mencapai memimpin 12 poin pada setiap titik di babak ke-3 maka pertandingan usai dan atlet dalam memimpin dinyatakan sebagai pemenang. [38 ]
Tergantung pada jenis turnamen dan klub, pesaing juga dapat menggunakan pelindung tangan, pelindung kaki, punggung kaki penjaga, helm dan pelindung mulut.

Internasional Taekwon-Do Federation


Umum gaya peralatan perdebatan titik ITF
Para Taekwon-Do Federasi Internasional 's aturan perdebatan mirip dengan aturan WTF, tetapi berbeda dalam beberapa aspek.
  • Tangan dan kaki serangan ke kepala diperbolehkan. [39]
  • Sistem penilaian adalah:
    • 1 Point untuk: Punches ke kepala atau tubuh. [39]
    • 2 Poin untuk: Kicks bagi tubuh.
    • 3 Poin untuk: tendangan ke kepala.
  • Area kompetisi dapat bervariasi antara 9x9 meter atau 8x8 meter di kejuaraan internasional.
Pesaing tidak mengenakan hogu (meskipun mereka diharuskan memakai kaki disetujui dan peralatan tangan perlindungan, serta penjaga kepala opsional). Ini sistem penilaian bervariasi antara individu dalam organisasi ITF-misalnya, di TAGB itu, pukulan di kepala atau tubuh skor 1, tendangan ke tubuh skor 2 dan menendang dengan skor kepala 3
Sebuah sistem poin terus menerus digunakan dalam kompetisi ITF, di mana para pejuang ini tetap diteruskan setelah mencetak teknik. Full-kekuatan pukulan diperbolehkan, dan hasilnya dalam kemenangan KO, meskipun aturan-aturan ini bervariasi antara organisasi ITF. Pada akhir dua menit (atau waktu tertentu lainnya) pesaing dengan menang skor teknik yang lebih.
Kompetisi ITF juga menampilkan pertunjukan dari pola, melanggar , dan 'teknik khusus' (di mana pesaing melakukan istirahat papan diresepkan pada ketinggian yang besar).

Organisasi-organisasi lain

Amerika Amateur Athletic Union (AAU) kompetisi yang sangat mirip, kecuali bahwa gaya yang berbeda dari bantalan dan gigi yang diizinkan [. rujukan? ]
Selain WTF dan ITF turnamen, kompetisi taekwondo utama (semua WTF menampilkan taekwondo saja) meliputi:
Fitur Taekwondo WTF di setiap multi-olahraga permainan kecuali Permainan Pulau Kecil. Ia diterima sebagai Commonwealth Games olahraga pada Juni 2010.

Keamanan

Meskipun pesaing taekwondo memiliki risiko tampaknya besar cedera, cedera paling kecil. A 2009meta-analisis melaporkan bahwa rata-rata sekitar 8% dari pesaing yang terluka, per paparan kompetisi, umur, jenis kelamin, dan tingkat bermain tidak secara signifikan mempengaruhi tingkat cedera. [40] Para kaki adalah lokasi paling umum untuk luka, dan memar adalah jenis cedera yang paling umum.
Cedera dapat terjadi jika mahasiswa diajarkan untuk memblokir pukulan secara formal (ruang posisi, sudut yang sempurna, dll) bahkan ketika perdebatan. Ketika membandingkan kecepatan pukulan dan waktu reaksi dan waktu yang dibutuhkan untuk memblokir secara efektif, sulit untuk memblokir pukulan. Banyak sekolah taekwondo mengajar siswa untuk memblokir grading dan classwork dan menghindar atau menangkis untuk perdebatan.


ISTILAH KOREA  
Dalam Taekwondo, bahasa Korea perintah yang sering digunakan. angka Korea dapat digunakan sebagai petunjuk atau perintah. Seringkali, siswa menghitung dalam bahasa Korea selama kelas mereka, dan selama tes mereka biasanya bertanya apa kata Korea tertentu (digunakan di kelas) berarti. Kata-kata ini cukup umum di antara sekolah taekwondo, tetapi pengucapan dapat sangat bervariasi.
RomanisasiHangeulMakna
Charyeot차렷Perhatian
Gyeongnye경례Busur
Baro바로Kembali
Shwieo쉬어Santai (rileks)
Hyushik휴식Istirahat periode (istirahat)
Gihap기합Berteriak (teriak)
Junbi준비Siap
Shijak시작Mulai (start)
Gallyeo갈려Break (terpisah)
Gyesok계속Terus
Geuman그만Finish (stop)
Dwiro dora뒤로 돌아Berbalik (180 derajat)
Haego hada해고 하다Memberhentikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar